6 Aplikasi Desain Teratas Untuk Membuat Aplikasi Seluler Yang Menakjubkan

Dengan rata-rata pengeluaran orang dewasa sekitar 3-4 jam sehari terpaku pada ponsel cerdas mereka, tidak mengherankan bahwa pengembangan aplikasi seluler telah berubah menjadi perdagangan yang menguntungkan dan kompetitif. Perusahaan telah menyadari nilai yang dapat dibawa oleh aplikasi seluler ke bisnis mereka, dan dengan demikian, kami telah melihat peningkatan yang stabil dalam jumlah aplikasi yang terus bergabung dengan pasar dari tahun ke tahun.

Dengan meningkatnya persaingan, merek tidak lagi cukup untuk membangun aplikasi dasar yang melakukan tugasnya (bahkan ketika melakukannya dengan baik!). Perusahaan saat ini perlu berdiri terpisah dari keramaian dan membangun identitas unik untuk diri mereka sendiri. Dan meskipun ada banyak hal yang diperlukan untuk membuat aplikasi, ada satu aspek dalam pengembangan aplikasi seluler yang sangat penting dalam hal meningkatkan retensi pemirsa dan membangun identitas merek.

Saya berbicara tentang desain aplikasi, lebih khusus lagi desain UX dan UI. Desain aplikasi dapat menjadi salah satu faktor paling menentukan yang menentukan keberhasilan aplikasi Anda. UX dan UI yang baik atau buruk dapat membuat atau menghancurkan aplikasi Anda, dan pengembang serta perancang produk sama-sama perlu memastikan bahwa mereka mencoba dan memberikan yang terbaik saat merancang aplikasi seluler.

Typesetting design workplace mockup interior 3d rendering Premium Photo

Untuk membantu Anda memberikan yang terbaik dalam hal desain aplikasi, berikut adalah beberapa tip efektif dan praktis yang perlu diingat saat membuat aplikasi:

Rapikan aplikasi Anda

Mungkin tergoda untuk mengemas aplikasi Anda dengan sebanyak mungkin informasi dan fitur, tetapi saya sarankan Anda melakukan yang sebaliknya. Minimalisme sebagai filosofi desain telah menyusul akhir-akhir ini, dan masuk akal untuk menerapkannya pada pengembangan aplikasi mengingat popularitas dan kelebihannya.

Desain yang tidak berantakan dan disederhanakan dapat membantu mengurangi beban kognitif sekaligus menyenangkan mata. Aplikasi yang sederhana dan luas mudah digunakan dan memberikan pengalaman yang menyenangkan dan lancar bagi pengguna.

Pisahkan fungsionalitas inti aplikasi Anda dan temukan cara untuk mengirimkannya dalam langkah sesedikit mungkin. Tambahkan langkah dan fitur tambahan secara bertahap nanti setelah Anda memiliki aplikasi yang disederhanakan namun berfungsi.

Navigasi mulus:

Menambahkan ke poin sebelumnya, aplikasi Anda perlu dirancang dengan cara yang mudah dipahami dan dinavigasi. Jika tidak jelas bagi pengguna ke mana harus pergi dan apa yang harus dilakukan secara langsung, mereka akan menjadi bingung dan frustrasi, yang hanya berarti satu hal, mencopot pemasangan.

Gunakan desain aplikasi Anda untuk memandu tindakan pengguna. Buat setiap opsi dan fitur terlihat jelas dan jelas. Rancang navigasi aplikasi Anda menjadi logis, intuitif, dan jelas. Pastikan setiap halaman mudah dijangkau dan pertahankan konsistensi di semua halaman sambil mendesainnya agar cukup jelas.

Manfaatkan bilah navigasi sepenuhnya, dengan setiap kategori utama ditampilkan di sana. Juga, berikan tip navigasi pop-up yang halus dan tidak mengganggu jika perlu.

Manfaatkan sepenuhnya zona ibu jari:

Zona jungkir balik adalah area di layar yang dapat dijangkau pengguna dengan mudah menggunakan ibu jari sambil memegang ponsel. Jelas, zona ibu jari berbeda untuk penggunaan satu tangan dan dua tangan. Sebagian besar pengguna menggunakan ibu jari mereka untuk menggunakan ponsel mereka, dan karenanya pengembang aplikasi perlu mempertimbangkannya.

Baca Juga : Aplikasi Browser Terbaik Untuk Android Dan Komputer

Lebih penting lagi, karena ponsel dan layar menjadi lebih lebar, pengguna menjadi sulit untuk menggunakan seluruh layar dengan nyaman (setidaknya seorang diri). Ini berarti bahwa pengembang aplikasi seluler perlu memastikan semua opsi dan fitur penting mudah diakses dan lebih disukai dalam zona jempol. Menggunakan seluruh layar tidak diragukan lagi bagus, tetapi lakukan dengan cara yang nyaman dan ramah pengguna.

Konsistensi di seluruh papan

Tidak hanya perangkat dan layar yang semakin besar, tetapi juga beragam. Apa yang sebelumnya merupakan pemisahan yang jelas antara ponsel dan tablet tidak lagi terlihat jelas mengingat keragaman perangkat yang tersedia dalam segala bentuk dan ukuran. Teknologi baru seperti layar yang dapat dilipat dan ponsel layar ganda telah ditambahkan lebih jauh ke dalamnya.

Yang perlu diingat di sini adalah bahwa pengembang dan desainer tidak lagi membuat aplikasi untuk layar persegi panjang biasa, melainkan untuk ekosistem perangkat yang beragam. Oleh karena itu, penting untuk menghasilkan aplikasi yang konsisten, baik dalam tampilan maupun fungsionalitas, untuk semua jenis perangkat yang tersedia dan yang akan datang.

Tapi mengapa berhenti di perangkat ketika kita bisa melangkah lebih jauh? Bagaimana dengan berbagai platform? Di dunia sekarang ini, ketika citra merek lebih penting daripada sebelumnya, penting bagi perusahaan untuk berusaha menjaga konsistensi di berbagai platform seperti Android dan iOS, dan bahkan antara situs web, akun media sosial, dan aplikasi mereka, dalam hal ini.

Optimalkan konten aplikasi

Mari kita mulai dengan font; sekali lagi, kesederhanaan adalah kuncinya. Prioritaskan font yang bersih daripada yang mewah; menggunakan font sistem bekerja paling baik; namun, mereka mungkin tidak selaras dengan identitas merek spesifik Anda. Lebih suka kesederhanaan tetapi jangan berkompromi dengan keunikan Anda.

Pastikan teks itu sendiri berukuran tepat, ringkas, dan kontras dengan latar belakang agar mudah dibaca. Jarak antar baris, jumlah teks pada layar sekaligus, serta keterbacaannya; semua ikut bermain di sini. Jadi, pastikan Anda menciptakan pengalaman yang mulus bagi pengguna.

Hal yang sama berlaku untuk gambar, video, dan animasi. Pastikan konten visual dioptimalkan dengan baik untuk layar HD tanpa mengorbankan kecepatan pemuatan. Animasi menambahkan kehidupan ke aplikasi Anda tetapi memastikannya tidak muncul berulang-ulang setelah digunakan dalam waktu lama.

Ingat pengguna

Dan akhirnya, Anda ingin tidak mengganggu dan ramah pengguna. Hormati pedoman UI dan UX platform Native serta hak dan privasi pengguna. Berfokuslah untuk membuat kesan yang baik di sesi pertama dan hindari meminta pendaftaran dan izin yang tidak perlu sebanyak mungkin. Saat Anda memang perlu meminta izin, lakukan dengan cara yang tidak mengganggu, dengan menjelaskan dengan tepat mengapa dan untuk apa Anda memerlukan akses ke data.

Setiap kali pengguna meluncurkan aplikasi, mereka memiliki harapan tertentu tentang cara kerjanya dan apa yang harus dilakukan. Desain aplikasi yang baik adalah tentang mengantisipasi kebutuhan dan harapan tersebut dan memberikan dengan tepat apa yang mereka inginkan.

Kesimpulan

Mendesain aplikasi itu menantang, dan mudah untuk merasa kewalahan mencoba menyelesaikan semuanya dengan benar. Sebagian besar bisnis lebih baik menyewa agen pengembangan aplikasi berpengalaman untuk melakukan segalanya untuk mereka. Untuk perusahaan yang ingin mengalihdayakan proyek pengembangan aplikasi seluler mereka, goodfirms telah menyusun daftar perusahaan pengembang aplikasi seluler teratas yang dapat Anda pilih.

Terlepas dari bagaimana bisnis mengembangkan dan mendesain aplikasi mereka, perusahaan pasti perlu mencurahkan banyak waktu dan anggaran untuk mendapatkan desain aplikasi mereka dengan benar. Singkatnya, filosofi desain yang mencakup kesederhanaan, menghargai fungsionalitas, dan memprioritaskan pengalaman pengguna pasti akan berhasil dalam hal kesuksesan aplikasi. Ide dan tren desain aplikasi apa yang ingin Anda coba di proyek mendatang?

About Faisal

Semakin keras kamu bekerja untuk sesuatu, semakin besar perasaanmu saat mencapainya

Check Also

Maia Estianty Bongkar Sifat Mulan Jameela Selama Jadi Rekan Duet, Puji Sifat Profesional

10 HP Gaming 3 Jutaan Terbaik Juni 2021

Suara48.com – HP gaming di segmen harga 3 jutaan ternyata menjadi perangkat yang cukup banyak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *