Krisis Oksigen, 33 Pasien di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta Meninggal Dunia

“Yang meninggal pasca oksigen central habis pada pukul 20.00 WIB maka kami sampaikan jumlahnya 33 pasien,” kata Direktur RSUP Dr Sardjito Rukmono Siswishasto

TamanPendidikan.com – RSUP Dr Sardjito Ygyakarta mengalami kekosongan oksigen pada Sabtu (3/7) malam hingga Minggu (4/7) pagi. Direktur RSUP Dr Sardjito Rukmono Siswishasto mengaku ada 63 pasien meninggal dunia di RSUP Dr Sardjito pada periode Sabtu (3/7) pagi hingga Minggu (4/7) pagi tadi. Namun tidak semua disebabkan kosongnya stok oksigen.

“Yang meninggal pasca oksigen central habis pada pukul 20.00 WIB maka kami sampaikan jumlahnya 33 pasien,” kata Rukmono, Minggu (4/7).

Rukmono menjelaskan, meski krisis oksigen, para pasien tetap tersuplai oksigennya. Suplai oksigen ke pasien ini dengan menggunakan oksigen tabung. Rukmono menceritakan oksigen tabung bagi pasien ini mendapatkan bantuan dari Polda DIY, RS Akademik UGM dan RSGM/FKG UGM.

Kondisi krisis oksigen ini teratasi sekitar pada Minggu (4/7) pukul 03.40 WIB. Truk oksigen liquid pertama sudah masuk dan mengisi tabung utama, sehingga oksigen sentral sudah berfungsi kembali. Disusul kemudian dengan truk pembawa oksigen kedua pada pukul 04.45 WIB dan langsung mengisi tabung sentral oksigen. Paska kedatangan dua truk pembawa oksigen ini, pelayanan terhadap pasien bisa kembali menggunakan oksigen sentral.

Kondisi krisis oksigen ini sebelumnya telah diprediksi RSUP Dr Sardjito. Rukmono sempat mengirimkan surat permohonan bantuan pengiriman oksigen ke sejumlah pihak baik itu Menteri Kesehatan, Kepala BNPB hingga Gubernur DIY.

Surat permintaan pengiriman oksigen ini beredar di grup-grup Whatsapp. Surat ini memiliki nomor SR.04.01/XI.4/26715/2021 dengan tanggal 3 Juli 2021. Dalam surat itu, Rukmono mengatakan bahwa meningkatnya kasus Covid-19 mengakibatkan kenaikan kebutuhan oksigen sehingga terjadi kelangkaan penyediaan oksigen.

Rukmono telah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mendapatkan pasokan oksigen dari penyedia maupun tempat lain. Tetapi sampai saat ini masih mengalami kendala dan pasokan oksigen diperkirakan datang paling cepat akan datang ke RSUP Dr Sardjito pada Minggu 4 Juli 2021 pukul 12.00 WIB.

“Persediaan oksigen sentral di RSUP Dr Sardjito akan mengalami penurunan pada hari ini Sabtu tanggal 3 Juli 2021 pukul 16.00 WIB sampai dengan kehabisan persediaan oksigen pukul 18.00 WIB sehingga beresiko pada keselamatan pasien yang dirawat baik pasien Covid-19 maupun Non Covid-19,” kata Rukmono dalam surat itu.

“Kami sudah melakukan upaya antisipasi maksimal dan penghematan seoptimal mungkin. Untuk itu, kami mengajukan permohonan dukungan agar kebutuhan oksigen dapat dipenuhi, mengingat RSUP Dr Sardjito termasuk RS Rujukan dalam penanganan pasien Covid-19 sampai tingkat critical,”sambung Rukmono.

Rukmono berharap ke depannya oksigen bagi rumah sakit terus lancar dipasok oleh penyedia oksigen. Kondisi saat ini disebut Rukmono jika perawatan bagi pasien membutuhkan oksigen.

Rukmono menceritakan RSUP Dr Sardjito telah menyediakan bed untuk pasien Covid-19 secara optimal sebanyak 35 persen dari total tempat tidur, dan pasien yang datang jauh lebih banyak dari kemampuan daya tampung rumah sakit.

Rukmono menuturkan selain berkoordinasi dengan banyak pihak tentang pasokan oksigen, RSUP Dr Sardjito juga akan melakukan penghematan seoptimal mungkin terhadap penggunaan oksigen. Situasi pandemi yang melanda seluruh negeri ini semuanya membutuhkan oksigen, pasokan oksigen menjadi terganggu.

“Kami mengimbau bagi masyarakat untuk mengikuti dan mematuhi PPKM sehingga laju Covid dapat kita tekan bersama-sama. Tanpa peran serta masyarakat ini tentu saja pandemik ini akan sulit tertangani,” tutup Rukmono.

About Faisal

Semakin keras kamu bekerja untuk sesuatu, semakin besar perasaanmu saat mencapainya

Check Also

Maia Estianty Bongkar Sifat Mulan Jameela Selama Jadi Rekan Duet, Puji Sifat Profesional

Penelitian: Ini Penyebab Orang Cerdas Susah Mendapat Pasangan

matamata.com Ada banyak alasan kenapa seseorang jomblo, apalagi memilih pasangan bukanlah hal yang gampang. Sebagian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *