Gegara Pandemi, Anak Jadi Gila Gawai. Kenali Dampaknya

Seiring pesatnya perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan telah merubah atau mempengaruhi segala aspek kehidupan sehari-hari manusia mulai dari anak usia dini hingga orang dewasa.

Sebagaimana kita ketahui, dalam penggunaan gadget yang sangat berlebihan khususnya buat anak bisa mengakibatkan gangguan pada tumbuh kembang anak seperti: memiliki daya ingat yang minim, kurangnya dalam pemahaman bahasa sehari-hari, serta kemampuan motorik dan sensorik pada anak.

Apalagi dalam keadaan sekarang yang di mana segala aktivitas di alihkan di rumah saja atau bisa kita sebut Work From home dan juga mengharuskan anak-anak melakukan proses belajar secara online. Untuk itu kecanduan gadget bisa menyerang anak-anak, keadaan ini biasanya ditandai dengan perasaan gelisah, mudah marah saat tidak menggunakan gadget hingga muncul beberapa stigma gejala atau masalah kesehatan. Lalu apa saja dampak kesehatan pada anak yang memiliki kecanduan terhadap gadget?

– Kurang Tidur

Anak perlu tidur dengan cukup, prihatinnya kecanduan gadget bisa menyebabkan kurang tidur pada anak. Keadaan ini jangan di bawa enteng sebab akibatnya perkembangan otak pada anak tidak optimal serta menghambat kinerja otak, karena tidur yang cukup merupakan keyward otak yang lebih baik lagi

– Masalah Psikologi Anak

Kecanduan gadget juga dapat menganggu kesehatan mental healthy anak seperti: dapat membuat anak sulit untuk berinteraksi dengan lingkungan yang berada sekitarnya, adanya risiko depresi, kepribadian yang bipolar, kurangnya rasa perhatian, gelisah dan perilaku masalah lainnya.

– Penyakit Mata

Anak-anak yang kecanduan gadget juga rentan mengalami masalah mata. Hal ini terjadi karena menatap layar ponsel atau gadget dalam kurun waktu yang lama menyebabkan kelelahan pada mata, mata kering, gangguan penglihatan, mata merah dan masalah lainnya.

– Kegemukan

Dengan ada rasa mager atau malas gerak ini juga berdampak pada tumbuh kembang anak khususnya obesitas atau kelebihan berat badan. Karena saking candunya anak-anak dalam bermain gadget, anak menjadi kurang bergerak atau lebih sering berbaring di atas kasur. Padahal, anak-anak harus lebih aktif lagi bermain dengan teman di luar rumah tetapi dengan keadaan sekarang tidak dapat di pungkiri lagi. Ingat, obesitas pada anak bisa meningkatkan risiko penyakit jangka panjang bahkan bisa mengalami stroke dini dan serangan jantung.

Oleh karena itu, kita sebagai orang dewasa perlu melakukan tindakan pembatasan untuk menghindari yang namanya anak kecanduan gadget. Ini juga akan membantu mengurangi risiko masalah kesehatan serta mental healthy pada anak. Hal yang paling mendasar yang bisa kita lakukan adalah memberi tahu kepada anak tentang penggunaan gadget, saat kapan menggunakannya, dan membatasi waktu penggunaan gadget.

About Faisal

Semakin keras kamu bekerja untuk sesuatu, semakin besar perasaanmu saat mencapainya

Check Also

Maia Estianty Bongkar Sifat Mulan Jameela Selama Jadi Rekan Duet, Puji Sifat Profesional

Penelitian: Ini Penyebab Orang Cerdas Susah Mendapat Pasangan

matamata.com Ada banyak alasan kenapa seseorang jomblo, apalagi memilih pasangan bukanlah hal yang gampang. Sebagian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *